Sunday 11 May 2014

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Pisang dan Cara Penanggulangannya

Pisang, buah yang berwarna kuning dan tersusun rapi dalam tandan ini merupakan buah yang sangat populer dalam kehidupan masyarakat, buah yang tinggi kandungan serat dan juga kalium ini banyak yang membudidayakannya, umumnya pisang memang berwarna kuning ketika matang, tapi ada dari beberapa jenisnya yang berwarna jingga, merah, hijau bahkan hitam.


penyakit pisang

Pisang merupakan komoditi yang besar dalam keberadaannya di Indonesia, sudah banyak petani pisang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jenis-jenis pisang yang ditanamnya. Tak hanya petani saja, banyak masyarakat yang menanamnya di sekitar rumahnya, penanaman dan perawatannyayang mudah mejadi keunggulan dari tanaman pisang ini sendiri.Pada umumnya pisang yang sering dibudidayakan oleh petani adalah jenis pisang lilin, pisang ini seolah-olah merupakan pisang yang menjadi rajanya dalam pemasaran pisang.

Petani pada umumnya tidak tanpa kendala dalam pembudidayaan buah pisang, tentu saja selalu ada hama dan penyakit yang menjadi penghalang petani dalam pembudidayaannya. Walaupun hal itu dapat dicegah dan diobati tapi faktor musim dan populasi hama yang tak bisa diprediksi membuat hama dan penyakit ini sering datang kapan saja.

Berikut adalah hama dan penyakit pada tanaman pisang dan upaya penanggulangannya.

Hama Pada Tanaman Pisang

1. Hama Penggerek Bonggol.
Hama ini masih satu keluarga dengan kumbang hanya saja yang menjadi masalah utamanya adalah larva-larvanya yang menyerang bonggol dari tanaman pisang. Jika tak segera diberantas tanaman pisang akan mati dikarenakan transportasi tanaman pisang akan terganggu dikarenakan bonggol pisang yang berlubang. Bonggol pisang yang berlubang akan membuat hama lain akan masuk juga ke dalam bonggol. Penanggulangan Hama ini ialah dengan cara memberantas sumber utamanya yaitu kumbang. Semprotkan insektisida ke bonggol-bongo pisang yang telah berlubang.

2. Hama kudis
Hama ini ini disebabkan serangga yang bernama Nicoleia Octamena. Jika telah terserang oleh hama kulit buah pisang akan menjadi kasar. Untuk membasmi hama ini, gunakanlah  cairan insektisida berjenis Nogos 50 EC dan Basudin 60 EC.

3.  Ulat/Larva Penggulung Daun
Hama ini adalah larva dari ulat Erionata thrax. Larva menggulung-gulung daun pisang dan memakannya. Jika tak segera di tanggulangi lama kelamaan daun akan gundul. Pengendalian hama ini ada beberapa cara, yang sederhana adalah dengan memotong daun yang telah trserang hama ini lalu dibakar, atau bisa saja dengan memotong lembar daunnya saja. Cara lain adalah dengan penyemprotan secara menyeluruh terhadap daun yang terserang dengan insektisida.

4.  Hama Penggerek Buah
Hama ini menyerang buah pisang yang belum terbentuk, serangan hama ini membuat perkembangan buah pisang menjadi terhambat, menimbulkan kudis pada buah sehingga menurunkan kualitas buah. Hama ini meletakkan telurnya diantara pelepah bunga dan segera setelah bunga muncul dari tanaman pisang. Hama langsung menggerek pelepah bunga dan bakal buah, terutama saat buah masih dilindungi oleh pelepah buah. Cara pengendaliannya yaitu dengan membungkus tandan buah saat bunga akan mekar.

Penyakit Pada Tanaman Pisang

1. Layu Fusarium
Pohon pisang yang terkena penyakit ini pada tepi daunnya akan mengering. Jika tak segera ditangani maka pisang akan segera mati, biasanya batang tanaman pisang yang terserang penyakit ini akan terlihat garis-garis hitam di batangnya. Penanganan yang paling baik adalah dengan mencabutnya dan menggantinya dengan jenis pisang yang rentan dengan patogen dengan ciri-ciri anakan pisang yang sehat.

2. Bercak Daun Cercospora
Penyakit ini terlihat dari daunnya yang berbintik-bintik berwarna kuning pucat dengan ukuran panjang 1-2 mm. Bintik-bintik tersebut akan berkembang sehingga ukuran panjangnya mencapai 1 cm.
Pada daun yang lebih tua pusat becaknya mengering, berwarna kelabu mudah dengan tepinya berwarna coklat tua dan dikelilingi oleh halo berwarna kuning cerah. Pengendaliannya bisa dengan melakukan pemupukan yang tepat agar pisang punya nutrisi untuk menyembuhkan diri. Dan Untuk mengurangi infeksi pada daun-daun yang sudah mati di  pohon bisa dengan  memotong dan membakar daun yang terinfeksi. Jika tanaman dirasa sudah parah, bisa dengan menyemprotkan mankozeb (Dithane M-45) atau propineb (Antracol).


3. Antraknosa
Buah pisang yang terkena penyakit ini akan berwarna kuning di beberapa bagian, tapi bukanlah kuning tanda pisang sudah matang, warna kuning ini lama kelamaan pun akan berwarna coklat dan berangsur-angsur menghitam. Buah pisang yang sudah terinfeksi dan berwana hitam akan timbul bintik-bintik merah yang merupakan jamu . buah pisang yang sudah terinfeksi penyakit ini lama kelamaan akan kering dan mengeras. Penanggulangan dari penyakit ini adalah dengan memanen segera buah yang sudah terinfeksi, setelah itu buah pisang bisa dicuci dengan air bersih dan menyemprotnya dengan cairan fungisida.

No comments:

Post a Comment