Sunday 4 May 2014

Mengenal Bonsai Beringin dan Proses Pembuatan Bonsai Beringin

Para penggemar tanaman bonsai salah satunya pelaku bonsai pasti tidak asing dengan bonsai yang satu ini. Bonsai beringin sudah lama digemari oleh masyarakat, hanya saja akhir-akhir ini popularitasnya tidak setenar pada tahun 80 an. Pada tahun 80 an adalah puncak popularitas dari bonsai beringin, banyak penggemar tanaman hias yang mengoleksi bonsai beringin ini.  Peranakan bonsai beringin yang tidak seperti bonsai lainnya membuat masyarakat pada tahun 80 an banyak yang mencarinya di lereng gunung untuk dijadikan bibit bakal bonsai nantinya. 

bonsai beringin

Gaya pada bonsai beringin pun tidak sedikit yang bisa diterapkan, tapi gaya yang paling menarik perhatian banyak orang adalah gaya informal di mana terdapat kesan sederhana tapi mempunyai nilai seni tinggi. Masih banyak gaya-gaya yang bisa diterapkan pada bonsai beringin ini, dahan dan batang yang mudah dibentuk menjadi keuntungan sendiri pada bonsai beringin. Bonsai beringin memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya adalah daunnya yang kecil dan rindang dan juga akar yang menggantung tentunya.

Proses pembuatan bonsai beringin sebenarnya tidaklah terlalu sulit hanya saja kita membutuhkan kesabaran dimana batang dan dahan yang akan kita bentuk menjadi seperti yang kita inginkan, ini dikarenakan pembentukan bonsai beringin sebenarnya sederhana saja, hanya saja tergantung dari ketelitian dan perawatan kita selama proses pembuatannya.

Nah bagi anda para penggemar bonsai yang ingin memiliki bonsai beringin dengan membuatnya sendiri bisa dengan menerapkan cara-cara sederhana dibawah ini.

Pemilihan Bibit
Pilihlah bibit bakal bonsai yang sehat dan tidak cacat, berukuran 20-40 cm, pastikan batang bakal dari tanaman bonsai ini tidak terlalu kecil, ini dikarenakan untuk membuat bonsai beringin tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Pangkaslah dahulu daun-daun yang ada pada bakal bonsai beringin ini.

Penanaman
Tanamlah bakal bonsai ini ke dalam media tanam tanah yang rendah unsur haranya. Media tanam yang minim unsur hara membuat bakal bonsai kelebihan nutrisi, terlalu banyak nutrisi pada bonsai membuat pembentukan pada batang menjadi sulit. Tunggu hingga beberapa hari  agar tanaman bonsai benar-benar beradaptasi pada media tanam sebelum dilakukan pembentukan.

Pengawatan
Selanjutnya gunakan kawat yang tidak bisa berkarat yaitu kawat stainless untuk membentuk batang bonsai, lakukan dengan cara melingkarkan kawat-kawat stainless ke pada batang bonsai, lilitkan kawat tersebut dari pangkal batang hingga ujung dahan, gunakan tang guna mempermudah melilitkan kawat pada dahan, hati-hati dalam melilitkannya agar dahan tidak patah.

Pemupukan
Lakukan pemupukan pada bonsai, berikan pupuk yang cocok dengan pertumbuhan bakal bonsai beringin ini yaitu nitrogen, fosfor dan potassium.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan daun yang sudah tumbuh secara berkala guna membentuk daun yang indah dan cantik.

Pelepasan kawat
Jika sudah terbentuk, lepas kawat yang mengelilingi batang dan dahan pada bonsai, hasil dari pelepasan kawat ini akan membentuk dahan dan batang yang unik.

Dan itulah sekilas tentang tanaman bonsai beringin dan cara pembuatan bonsai beringin. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment