Saturday 17 May 2014

Manfaat dan Fungsi Pupuk Urea


pupuk urea
Pupuk Urea adalah jenis pupuk yang paling laris dipasaran saat ini. Pupuk ini sangat digemari oleh petani maupun pembudidaya tanaman karena unsur hara nitrogen (N) yang tinggi pada pupuk urea menjadikannya sangat mudah untuk digunakan pada tanaman yang kurang dalam hal fotosintetis dikarenakan klorofil sangat tergantung pada ketersediaan nitrogen (N) dalam tanah.
Pupuk  dengan rumus kimia NH2 CONH2 dan memiliki tekstur kasar berbentuk kristal berwarna putih ini memiliki kandungan nitrogen yang sangat diperlukan oleh tanaman, karena pupuk urea ini  membantu metabolisme tanaman, ini sangat penting pada saat tanaman berada dalam masa pertumbuhan. 

Pupuk urea adalah pupuk yang jika terkena air sangat mudah terikat dengan air, karena pupuk urea memiliki tekstur yang sangat mudah larut ke dalam air, biasanya para petani menggunakan pupuk ini ke pada tanaman sebelum beberapa saat dilakukan penyiraman. Sifat yang mudah terikat dengan air ini membuat pupuk urea harus disimpan di tempat yang kering dan tertutup rapat.

Apa saja Manfaat dan Fungsi Pupuk Urea?

Apa saja manfaatnya? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas pupuk urea mempunyai kandungan utama nitrogen (N) mencapai 46% setiap karungnya, itu artinya setiap karung pupuk urea yang beredar di pasaran yang memiliki berat 100 kg mempunyai kandungan nitrogen 46 kg setiap karungnya, dimana unsur nitrogen tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, nah, manfaat-manfaat lainnya dari pupuk urea adalah sebagai berikut.

Pupuk urea membuat tanaman menjadi terlihat lebih subur dimana perbedaan yang mencolok pada penggunaan pupuk urea ini adalah daunnya yang menjadi lebih lebat dan rindang. Daun yang rindang disebabkan oleh kandungan nitrogen (N)  yang membuat tanaman lebih banyak memproduksi klorofil. Klorofil ini;ah yang membantu tanaman melakukan fotosintetis secara maksimal.

Pupuk urea akan membuat tanaman lebih cepat dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman, tanaman akan lebih cepat tinggi dan mempercepat anakan pada tanaman tunas.

Pupuk urea bisa menambah kandungan protein di dalam tanaman.

Pupuk urea dapat di aplikasikan oleh semua jenis tanaman baik pertanian maupun perkebunan, dan juga dapat digunakan pada lahan kering seperti tanaman sawit, karet maupun lahan basah seperti padi.

Urea juga baik untuk tanaman-tanaman pangan, tanaman holtikultura, tanaman hidroponik,  tanaman usaha perkebunan maupun pertanian, tanaman di sekitar peternakan dan juga tanaman di sekeliling usaha perikananan.

Kapan Pupuk Urea Diperlukan Untuk Tanaman?

Tanaman yang memerlukan pupuk urea akan kekurangan zat nitrogen dimana tanaman tersebut akan mengalami gejala fisik maupun non fisik. Gejala-gejala tersebut adalah.

Gejala utama jika tanaman kekurangan nitrogen adalah terlihat pada daun tanaman yang menguning. warna kuning ini berawal daro ujung daun sampai ke tulang daun.

Tanaman yang sudah kuning daunnya tapi tak segera mendapatkan nutrisi berupa nirogen pada pupuk urea ini akan mengalami kerontokan daun yang diawali dari pangkal tanaman (bawah) sampai ujung tanaman (atas)

Kekurangan unsur nitrogen juga membuat tanaman akan kerdil karena tanaman tidak bisa tumbuh dan berkembang.

Kekurangan nitrogen juga berimbas pada buah, dimana buah akan berkembang tidak sempurna yang bisa dilihat jika buah matang sebelum pembentukan buah sempurna.

1 comment:

  1. Aya aya wae..... Yg ril" aja pak.... Allah kasih rejeki manusia ada jalan nya bukan harus berbuat musrik atau menipu

    ReplyDelete